by

Persediaan Oksigen Semakin Menipis

-Nasional-108 views

Kasus Positif Covid-19 Pecah Rekor Lagi, Pasokan Oksigen di RS Memasuki Fase Kritis

Kritis nya pasokan Oksigen sentral RSUP Dr.  Sardjito, mengalami penurunan mulai hari Sabtu pukul 16.00 WIB sampai kehabisan persediaan oksigen pada pukul 18.00.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan saat dikonfirmasi mengatakan jika di Sardjito kondisinya sudah mengkhawatirkan sejak beberapa hari yang lalu. Saat ini pasokan oksigen sedang dalam perjalanan ke RSUP Dr Sardjito.

“Jadi kita sudah warning sejak 3-4 hari lalu terus kemudian didrop lagi. Sampai puncaknya pagi tadi, kita minta kemana-kemana supaya dikirim oksigen bisa dikirm paling cepet jam 11 malam ini dijanjikannya,” kata Banu saat dihubungi wartawan, Sabtu malam ini.

Banu menjelaskan, oksigen sentral di Sardjito belum habis sepenuhnya hingga malam ini. Namun, kondisi tersebut tidak mampu mensuplai semua pasien. Jadi penanganannya menggunakan tabung oksigen.

“Sudah habis tapi parameternya masih muncul tapi sudah menipis, ada batas pasokannya. Mengalir tapi kecil,” katanya.

“Jadi begini, bisa dibilang jam setengah 10 (malam) sudah berkurang. Sejauh ini sudah keluar tapi tidak banyak. Tidak cukup. Jadi kita pakai pengobatan dengan sisa oksigen yaitu tabung oksigen. Pasien sudah membaik , kami sepertinya menghentikan oksigen untuk sementara waktu untuk memasok kondisi yang tidak menguntungkan,” lanjutnya.

Ia tidak memungkiri menipisnya suplai oksigen sentral di Sardjito berisiko terhadap keselamatan pasien. Terutama untuk pasien dengan kondisi kritis.

“Ya. Tidak bisa kita pungkiri, pasti terjadi seperti itu. Tapi itu benar untuk pasien yang sebelumnya dalam kondisi kritis. Jadi kalau oksigen tidak disuplai, itu berisiko,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed