by

BIOSKOP BUKA ! Baca Disini, Daerah Mu Termasuk Atau Tidak ?

Bioskop buka kini menjadi hal yang perlu diketahui. Sebab, mulai 16 September 2021 besok, bioskop sudah boleh diizinkan beroperasi lagi oleh pemerintah.

Ternyata walau dikabarkan bioskop akan dibuka, sayangnya tidak semua bioskop dibuka ada beberapa hal yang harus di penuhi suatu daerah agar mendapat izin pembukaan bioskop.

Bioskop Buka Hanya untuk Wilayah PPKM Level 2 dan 3

Aturan bioskop buka ini diperbolehkan hanya untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 2 dan 3. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan memberlakukan penyesuaian aktivitas masyarakat di periode perpanjangan PPKM level 1-4. Dia mengatakan salah satunya adalah pembukaan bioskop di wilayah PPKM level 2-3.

Ada beberapa penyesuaian dan pengetatan aktivitas masyarakat yang bisa dilakukan dalam periode minggu ini, antara lain, pertama, pembukaan bioskop,” ujar Luhut saat konferensi pers, Senin (13/9/2021) lalu.

Luhut juga menyampaikan bahwa pembukaan bioskop berlaku untuk kabupaten/kota dengan PPKM level 2 hingga 3 dengan maksimal pengunjung 50%.

Pembukaan bioskop hanya dengan kapasitas maksimal 50% pada kota level 3 dan level 2,” tambahnya.

Bioskop Buka di Jakarta, Ini Aturan Kepgub Anies

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan uji coba pembukaan bioskop di masa PPKM level 3. Kapasitas maksimal yang dibolehkan untuk nonton di bioskop adalah 50%.

Aturan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3. Kepgub tersebut ditandatangani Gubernur Anies Baswedan pada 13 September 2021.

Kapasitas maksimal 50% dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang boleh,” demikian bunyi Kepgub yang dilihat, Rabu (15/9/2021).

Bioskop Buka, Ini Aturan yang Wajib Diketahui

Hal yang perlu dilakukan untuk bisa nonton di bioskop adalah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Menko Luhut mengatakan pengunjung bioskop harus menyediakan aplikasi PeduliLindungi di lokasi bioskop. Kemudian hanya wilayah yang masuk kategori hijau yang dibolehkan masuk bioskop.

Namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta prokes yang ketat, hanya kategori hijau yang dapat masuk area bioskop,” tegasnya.

Selain harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi, pengunjung bioskop harus memenuhi syarat-syarat seperti dimuat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 berikut ini:

  1. Sudah melakukan 2 kali vaksinasi
  2. Memiliki aplikasi PeduliLindungi dan melakukan scan QR code untuk skrining
  3. Pengunjung di bawah usia 12 tahun dilarang masuk bioskop
  4. Menerapkan protokol kesehatan di seluruh area bioskop seperti menggunakan masker dan menjaga jarak
  5. Mengikuti aturan makan dan minum sesuai kebijakan pemerintah kota setempat

Bioskop Buka, Ini Jaringan dan Film yang Tayang

Jaringan bioskop yang dibuka untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 2-3 di antaranya XXI, CGV, dan Cinepolis. Jaringan bioskop tersebut telah mengumumkan melalui media sosial masing-masing terkait pembukaan bioskop di masa perpanjangan PPKM ini.

Melansir dari Instagram CGV, XXI dan Cinepolis, ada sejumlah film yang akan tayang di ketiga bioskop tersebut, antara lain: Malignant, Black Widow, The Suicide Squad, Mogadishu, Free Guy, hingga No Time To Die.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed