by

HATI-HATI ! Pemerintah Menetapkan Plat Nomor Kendaraan Baru, Jadi Lebih Mudah di Tilang

Kita semua tahu selama ini plat nomor kendaraan umum mobil ataupun motor memiliki warna dasar hitam dan putih untuk warna pada tulisannya, namun pemerintah telah memperbaharui peraturan tersebut tepatnya pada tanggal 5 Mei 2021 kemarin.

Jika dilihat dari Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, bertuliskan bahwakendaraan pribadi sudah tidak lagi memiliki latar belakang hitam bertuliskan angka dan huruf berwarna putih, melainkan memiliki latar belakang putih bertuliskan angka dan huruf berwarna hitam.

Peraturan ini dibuat untuk menggantikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, yang dimana memudahkan petugas untuk melihat plat nomor yang berwana putih dan membuat lebih fokus terhadap warna hitam yakni tulisan huruf dan angka pada plat.

Kabar ini kembali mencuat, karena seharusnya warna pelat nomor kendaraan baru ini sudah diterapkan 5 Mei 2021 kemarin. Akan tetapi peraturan Kepolisian tersebut bisa dipastikan belum diterapkan, seperti yang disampaikan Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin, yang dikutip CNNIndonesia.

“Belum (belum diterapkan), masih dalam proses. Kita harus mengikuti aturan pengadaan barang dan jasa. Kemungkinan tahun depan baru bisa diterapkan materialnya belum siap,” ujar Taslim beberapa waktu lalu.

Walau peraturan tersebut sudah di perbaharui namun hal ini masih belum diberlakukan sampai hari ini.

Jika dilihat dalam Peraturan Kepolisian tersebut, memang sudah dijelaskan secara gamblang bahwa pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sudah dipastikan berubah warna. Hal tersebut tertulis dalam Pasal 45, yakni:

(1) TNKB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar:

  1. . putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;
  2. . kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;
  3. . merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah; dan
  4. . hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Warna TNKB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambahkan tanda khusus untuk Ranmor listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.

(3) TNKB dipasang pada tempat yang disedial

(4) Standardisasi spesifikasi telmis TNKB ditetapkan dengan Keputusan Kalmrlantas Polri.

(5) Pengadaan material TNKB diselenggarakan secara terpusat oleh Korlantas Polri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed